PENTINGNYA PERENCANAAN JALUR TERBANG UAV ( UNMANNED AERIAL VEHICLE)

Dalam perencanaan jalur terbang sangat penting karena sangat berpengaruh pada hasil output dari foto udara. Pekerjaan foto udara memerlukan suatu rencana jalur terbang agar foto yang dihasilkan mempunyai kualitas yang baik.

Perencanaan jalur terbang juga merupakan tahap awal dalam pelaksanan penerbangan pesawat UAV. Dalam suatu pekerjaan fotogrametri memerlukan suatu rencana jalur terbang agar foto yang di hasilkan mempunyai kualitas yang baik. Jalur ini direncanakan berdasarkan Area Of Interest (AOI) sehingga bentuk dan luasan lokasi pemotretan dapat ditentukan.

Sebelum melakukan penerbangan wahana tentu saja perencanaan jalur terbang perlu dipersiapkan. UAV banyak berkembang pesat di segala bidang, baik dalam bidang pendidikan, pemetaan, wisata, hiburan, perfilman, dan sebagainya. Sehingga inilah yang menjadi alasan mengapa perlu adanya perencanaan jalur terbang karena untuk Memastikan semua area proyek terpetakan tanpa adanya yang kosong (gap), Untuk mencapai hasil yang sesuai dengan standar pekerjaan dan juga pastinya untuk Memastikan biaya, waktu, dan personal yang diperlukan.

Dalam melakukan perencanaan jalur terbang tentunya kita harus memperhatikan beberapa aspek, diantaranya adalah :

  1. Tujuan pemotretan

Tentunya kita harus mengetahui pemotretan foto udara yang kita lakukan itu ditujukan untuk bidang apa. Apakah pemetaan,wisata,hiburan,mitigasi bencana,perencanaan tata kota atau lain sebagainya.

  1. Objek yang dipotret

Mengetahui objek yang akan dipotret, apakah berupa bangunan tunggal, kawasan, jalan, sungai, perkotaan, pertambangan, daerah pesisir, hutan, sawit, dan sebagainya

  1. Wahana yang digunakan

Wahana yang biasa diguanakan adalah Pesawat udara tanpa awak atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV) dan Drone. wahana yang digunakan mempengaruhi jarak tempuh, lama waktu tempuh, radius penerbangan, kecepatan wahana, pertimbangan wahana rentan terhadap apa saja.

  1. Faktor penghalang

Faktor penghalang bisa berupa keadaan cuaca, tingkat intensitas dan kuantitas cahaya matahari, awan, kecepatan angin, vegetasi, topografi, lokasi pemotretan, dan lainnya.

  1. Teknik pemotretan dan sudut pengambilan kamera terhadap objek

Secara umum teknik pemotretan dalam penginderaan jauh terbagi menjadi, pemotretan tegak, condong dan sangat condong. Teknik pemotretan ini berkaitan dengan arah sumbu kamera dengan posisi objek. Teknik pemotretan lainnya berdasarkan jalur terbang berupa teknik pemotretan orbit, RTL, mapping, follow me, dan lainnya

  1. Area Of Interest (AOI)

Dalam merencanakan jalur terbang didasarkan pada AOI agar foto yang dihasilkan sesuai dengan bentuk dan luasan lokasi pemotretan yang ditentukan.

Itulah tadi penjelasan lengkap yang bisa kamu simak dan perhatikan baik – baik mengenai Pentingnya melakukan perencanaan jalur terbang UAV. Hubungi kami untuk informasi berikutnya mengenai UAV atau produk jasa lainnya. Kami adalah Konsultan Survey dan Pemetaan yang didukung oleh sumber daya manusia yang ahli dibidangnya. Kami merupakan reseller resmi produk citra satelit dari beberapa vendor didunia.

Growing The Map With Geotech.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *