MENGENAL CITRA SATELIT ASTER

Citra ASTER adalah satu citra satelit sumberdaya bumi yang sering dimanfaaatkan untuk kajian fisik. Citra ASTER (Advanced Spaceborne Thermal Emission and Reflection Radiometer) yang diluncurkan pada 18 Desember 1999 yang dihasilkan oleh proyek kerja sama Jepang dan Amerika untuk memonitoring permukaan bumi yang menyangkut sumberdaya alam. Sensor ini mengobservasi permukaan bumi dari ketinggian 705 km dengan frekuensi band: Visible and Near Infrared (VNIR), Short Wave Infrared (SWIR) dan Thermal Infrared (TIR).

Satelit ASTER merupakan satelit berresolusi tinggi. ASTER melakukan monitoring tutupan awan, es, temperatur lahan, penggunaan lahan, bencana alam, es lautan, tutupan salju dan pola vegetasi. Citra ini memiliki resolusi spasial 15 hingga 90 meter. Citra multispektral memiliki 14 saluran, yang memudahkan analisis obyek dengan panjang gelombang yang tidak terlihat oleh mata manusia seperti near IR, short wave IR, dan Thermal IR.Penyedia resmi citra ASTER adalah Sattelite Imaging Corporation (SIC) melalui USGS.

Proyek ASTER di bawah payung Earth Observing System (EOS) bertujuan untuk melakukan observasi permukaan bumi dalam rangka monitoring lingkungan hidup secara global dan penginderaan sumber daya alam. Sensor ASTER yang dikembangkan oleh Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri (METI) Jepang, merupakan salah satu sensor yang terpasang dalam satelit TERRA yang diluncurkan pada 18 Desember 1999. Ground resolution ASTER adalah lebih tinggi dibandingkan dengan LANDSAT-TM, demikian juga untuk spectral resolution yang tinggi dengan 5 thermal-infrared band dan 6 short wave-infrared bands, serta kualitas fungsi stereoscopic yang lebih tinggi dibandingkan satelit sebelumnya, JERS-1.

Satelit ASTER sendiri memiliki karakteristik resolusi spasial 15 hingga 90 meter, yang artinya dalam satu piksel pada satelit ASTER mewakili 15 x 15 hingga 90 x 90 meter persegi di keadaan sebenarnya. Sedangkan untuk karakteristik sensor citra satelit aster memiliki 3 Band yang berbeda yaitu :

  1. VNIR [Visible Near Infrared] Resolution digunakan untuk mendeteksi pantulan cahaya dari permukaan bumi dengan range dari level visible hingga infrared (520-860 mikrometer) dengan tiga bands, di mana band nomor 3 dari VNIR ini merupakannadir dan backward looking data, sehingga kombinasi data ini dapat digunakan untuk mendapatkan citra stereoskopis.
  2. SWIR [ShortWave Infrared] Resolution digunakan untuk mendeteksi pantulancahaya dari permukaan Bumidengan short wavelength infrared range (1,6-2,43 mikrometer) dengan 6 bands. Penggunaan radiometer ini untuk memungkinkan menerapkan ASTER untuk identifikasi jenis batu dan mineral, serta untuk monitoring bencana alam seperti monitoring gunung berapi yang masih aktif.
  3. TIR [Thermal Infrared] adalah resolusi untuk observasi thermal infrared radiation (800-900 mikrometer) dari permukaan Bumi dengan menggunakan 5 band. Band ini dapat digunakan untuk monitoring jenis tanah dan batuan di permukaan Bumi. Multiband thermal infrared sensor dalam satelit ini adalah pertama kali di dunia. Ukuran citra adalah 60 km dengan ground resolution 90 m.

ASTER dengan resolusi tinggi memiliki kemampuan untuk memproduksi citra stereoskopi [3D] dan ketinggian DTM [Detail Terrain Models]. Beberapa fitur ASTER lain

  1. DataMultispectral thermal infrared resolusi spasial tinggi
  2. Resolusi spasial tertinggi permukaan reflektansi spektral , suhu,dan emisivitas data dalam instrumen suite Terra
  3. Kemampuanuntuk jadwal on-demand data akuisisi

Suhu Permukaan Laut (SPL) merupakan salah satu parameter oseanografi yang sangat penting untuk mempelajari gejala-gejala fisika di dalam laut serta dalam kaitannya dengan kehidupan biota laut, saat ini telah banyak satelit yang dilengkapi sensor inframerah termal untuk mengukur SPL. ASTER (Advanced Spaceborn Thermal Emission and Reflection Radiometer) merupakan citra multi band sensor inframerah termal (TIR) pertama di dunia memiliki resolusi spasial 90 x 90 m dengan luas liputan 60 km. Oleh karena itu, dalam berbagai penerapan citra satelit Aster dapat dimanfaatkan di antaranya sebagai :

  1. Monitoringbencana alam
  2. Monitoringareal hidrologi
  3. Investigasisumber daya alam
  4. Klasifikasitumbuhan
  5. Generasibasemap untuk pertambangan dan eksplorasi daerah pesisir

Hubungi kami untuk informasi berikutnya mengenai Citra Satelit ASTER atau produk jasa lainnya. Kami adalah Konsultan Survey dan Pemetaan yang didukung oleh sumber daya manusia yang ahli dibidangnya. Kami merupakan reseller resmi produk citra satelit dari beberapa vendor didunia.

Growing The Map With Geotech.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *