MENGENAL DRONE VTOL

Drone VTOL atau biasa disebut drone fixed wing adalah drone yang memiliki sayap yang sekaligus sudah sebagai penggerak dari pesawat tersebut. Pesawat tanpa awak ini juga menggunakan baling-baling sebagai penggerak. Sehingga drone dapat berfungsi dengan baik. VTOL sendiri adalah singkatan dari Vertical Take Off Landing yang berfungsi sebagai pemetaan,logistic atau juga pemantauan. Sesuai dengan namanya drone ini memiliki kemampuan terbang sekaligus mendarat secara vertical. UAV VTOL atau drone VTOL ini tentu memiliki beberapa kelebihan, kelebihan inilah yang nantinya menjadi alasan mengapa VTOL digunakan sebagai survey pemetaan, pemantauan ataupun logistic.

Kelebihan yang pertama adalah pesawat UAV VTOL tidak perlu atau tidak membutuhkan space/ruang yang luas untuk take-off and landing. Misal saja sebagai pemetaan udara. Untuk melakukan pemetaan di udara, dengan pesawat UAV VTOL dapat dengan mudah melakukan pemotretan di udara seperti menggunakan drone copter. Selanjutnya pesawat UAV VTOL juga mudah dioperasikan untuk take-off dan landingnya itu sendiri. Drone VTOL mudah dioperasikan sebab kemampuan pilot drone hanya sebatas menjaga drone saat otomatis take off dan landing.

Sedangkan untuk masalah kegunaan, drone VTOL ini utamanya digunakan dalam bidang survey. Hal ini dikarenakan Drone VTOL dapat terbang ke atas dan ke bawah dengan mudah, sehingga dapat dengan mudah mengambil gambar atau video dari sudut pandang yang berbeda. Ini sangat berguna dalam melakukan survei terhadap bangunan atau infrastruktur, seperti jembatan, dam, atau jalur kereta api. Dengan drone VTOL, kita dapat dengan mudah mengambil gambar atau video dari sudut pandang yang berbeda tanpa harus bergerak terlalu jauh atau menggunakan peralatan yang berat.

Drone VTOL juga memiliki durasi terbang yang jauh lebih lama. Oleh karena itu mengapa drone VTOL digunakan pada pemetaan ataupun pemantauan. Karena jam terbang VTOL yang lebih lama dibandingkan drone lainnya. Hal ini bisa membuat efektivitas dan efisiensi kerja di lapangan menjadi lancar dan mudah. Tak hanya itu, drone VTOL memiliki minim resiko crash saat sedang take off dan landing.

Dengan konsep VTOL inilah dikarenakan pesawat tanpa awak seperti seperti drone copter saat landing dan sangat aman. Hal ini menjadi penting agar UAV serta kameranya yang digunakan tetap aman tanpa harus mengkhawatirkan barangnya akan pecah atau rusak ketika tabrakan saat landing. Itulah pengertian serta beberapa manfaat atau keunggulan dari pesawat terbang UAV VTOL dalam melakukan tugas atau fungsi terbangnya.

Hubungi kami untuk informasi berikutnya mengenai Drone VTOL atau produk jasa lainnya. Kami adalah Konsultan Survey dan Pemetaan yang didukung oleh sumber daya manusia yang ahli dibidangnya. Kami merupakan reseller resmi produk citra satelit dari beberapa vendor didunia.

Growing The Map With Geotech.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *