SPESIFIKASI CITRA SATELIT HIMAWARI-8 UNTUK PENGELOLAAN SUMBER DAYA HUTAN

Pengelolaan sumber daya hutan merupakan aspek penting dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan memonitor perubahan yang terjadi pada ekosistem hutan. Dalam era teknologi modern, penggunaan citra satelit menjadi alat yang sangat berguna dalam pengawasan dan pengelolaan hutan secara efisien. Salah satu satelit yang menonjol dalam hal ini adalah Himawari-8. Artikel ini akan menjelaskan spesifikasi citra satelit Himawari-8 dan bagaimana penggunaannya dapat meningkatkan pengelolaan sumber daya hutan.

Satelit  Himawari-8  adalah  sebuah  satelit  cuaca  yang  dioperasikan  oleh  JMA- Badan  Meteorologi  Jepang. Himawari  merupakan  Geostasioner Meteorologi  Satelit (GMS)  yang  merupakan  generasi  baru  dari  satelit  MTSAT  (Multi  Fungsi  Transportasi Satelit).  Himawari-8  diluncurkan  pada  Oktober  2014  dan  mulai  beroperasi  pada pertengahan  2015.  Posisi  Himawari  berada  pada  140°  BT  untuk  memantau  kawasan bagian timur Asia dan barat Pasifik .

Satelit  Himawari  dilengkapi  sensor  bernama  Advanced  Himawari  Imager  (AHI), yang  memiliki  resolusi  temporal,  spektral  dan  spasialnya  lebih  baik  dibandingkan  seri sebelumnya. Kanal  yang dimiliki  Satelit  Himawari-8 adalah  16 kanal  yang  terdiri  dari 3 kanal  visibel, 3  kanal infra  merah-dekat  atau  near  infrared  (NIR) dan  10  kanal Infrared (IR).  Satelit  ini  memiliki  orbit  geostationary  dengan  ketinggian  35.791  km.  Resolusi spasial  data  Himawari-8  yaitu  0.5  km  (band  3),  1  km,  dan  2  km.  Data  Himawari-8 diaplikasikan  untuk  monitoring  tingkat  curah  hujan,  suhu  atas  awan,  dan  suhu permukaan  laut .  Satelit  Himawari  memiliki resolusi spasial 0.5 km dan 1 km untuk kanal cahaya tampak (visible), 2 km untuk data kanal IR serta  1  km  dan  2  km  untuk  data  kanal  NIR.  Adapun  resolusi  temporal,  Himawari  8 memiliki  resolusi  tiap  10  menit untuk  pengamatan global  dan  2,5 menit  sekali  untuk pengamatan  khusus.

Dari spesifikasi yang dimiliki oleh satelit himawari maka memberikan beberapa terutama yang berguna untuk Pengelolaan Sumber Daya Hutan diantaranya adalah :

  1. Pemantauan Kepadatan Vegetasi: Menggambarkan bagaimana penggunaan citra Himawari-8 dapat membantu mengidentifikasi dan memetakan daerah-daerah dengan kepadatan vegetasi yang tinggi, memberikan informasi berharga tentang kondisi hutan.
  2. Deteksi Perubahan: Menyampaikan kemampuan Himawari-8 dalam mendeteksi perubahan pada lahan hutan secara real-time, yang memungkinkan respons cepat terhadap perubahan lingkungan yang berpotensi merugikan.
  3. Pemantauan Kebakaran Hutan: Menerangkan bagaimana citra Himawari-8 dapat digunakan untuk mendeteksi kebakaran hutan dan membantu dalam pemodelan penyebaran asap, sehingga membantu dalam pengendalian dan penanggulangan kebakaran.

Hubungi kami untuk informasi berikutnya mengenai Spesifikasi citra satelit Himawari atau produk jasa lainnya. Kami adalah Konsultan Survey dan Pemetaan yang didukung oleh sumber daya manusia yang ahli dibidangnya. Kami merupakan reseller resmi produk citra satelit dari beberapa vendor didunia.

Growing The Map With Geotech.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *