PEMETAAN DETAIL DAN ANALISIS

Pemetaan Detail dan analisis  adalah pemetaan suatu daerah atau wilayah ukur yang mencakup penyajian dalam dimensi horizontal dan vertikal secara bersama-sama dalam suatu gambar peta. Titik-titik detail situasi dapat dibedakan atas titik detail buatan seperti gedung, jembatan, jalan, parit, dan sebagainya, serta titik detail alam seperti pohon, sungai, gunung, dan bentuk alam lainnya. Pengukuran situasi adalah serangkaian  pengukuran suatu daerah dengan cara menentukan objek-objek penting berdasarkan unsur sudut dan jarak dalam jumlah yang cukup sehingga dapat mewakili atau menggambarkan daerah tersebut dan seisinya secara jelas mungkin dengan skala tertentu.

Tujuan Pemetaan detail dan analisis  yaitu untuk memindahkan bayangan dari sebagian atau seluruh permukaan bumi yang tidak teratur ke dalam suatu bidang datar yang dinamakan peta. Peta ini dapat digunakan sebagai pedoman dalam perencanaan tata ruang wilayah tersebut seperti perencanaan tata ruang pertanian.

Sistem Informasi Geografis saat ini digunakan di hampir semua sektor karena berhubungan dengan aspek lokasi. Seiring dengan perkembangan zaman adanya teknologi Sistem Informasi Geografis memudahkan para pelaku usaha untuk mengkaji suatu informasi yang berkaitan dengan pengambilan keputusan.

Analisis lebih lanjut dari hasil pemetaan detail digunakan untuk pengambilan keputusan seperti kesesuaian lahan dan perencanaan tata ruang wilayah agar pengambilan keputusan dilakukan dengan baik.

Adanya pemetaan detail dan analisis spasial akan menghasilkan peta yang lebih akurat dengan bantuan komputer dan software Sistem Informasi Geografis.

Adapun kegunaan dari pemetaan detail dan analisis adalah :

  1. Menggambarkan keadaan dari suatu wilayah atau daerah
  2. Dapat mengetahui perkiraan luas suatu daerah atau wilayah
  3. Dapat menentukan jarak, arah, beda tinggi dan kemiringan dari suatu tempat ke tempat yang lain
  4. Dapat menentukan posisi horizontal dan vertikal secara bersamaan dalam suatu peta

Hubungi kami untuk informasi berikutnya mengenai pemetaan detail dan analisiss atau produk jasa lainnya. Kami adalah Konsultan Survey dan Pemetaan yang didukung oleh sumber daya manusia yang ahli dibidangnya. Kami merupakan reseller resmi produk citra satelit dari beberapa vendor didunia.

Growing The Map With Geotech.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *