KETENTUAN SEBARAN TITIK GCP DAN ICP

Dalam penginderaan jauh, titik Ground Control Point (GCP) dan Independent Check Point (ICP) sangat penting untuk memastikan akurasi citra atau gambar yang dihasilkan. Ketentuan penyebaran titik GCP dan ICP yang tepat akan membantu dalam memperoleh informasi yang akurat dari citra atau gambar yang dihasilkan.

GCP (Ground Control Point) atau titik control tanah adalah titik lokasi yang diketahui atau diidentifikasi dalam ruang nyata (Di tanah ). Penggunaan titik GCP dalam penginderaan jauh membantu dalam memperbaiki distorsi yang terjadi pada citra atau gambar yang dihasilkan. Sedangkan ICP (Independent Check Point) atau titik uji akurasi adalah sebagai control kualitas dari objek dengan cara membandingkan koordinat model dengan koordinat sebenarnya.  Penggunaan titik ICP dalam pengindraan jauh digunakan untuk memverifikasi akurasi citra atau gambar yang dihasilkan.

Pemilihan GCP dan ICP sendiri dilakukan dengan cara melihat posisi objek dengan kenampakan alam yang jelas seperti penempatan sawah,pojok bangunan dan lain sebagainya. Objek tersebut harus jelas terlihat di citra ,maupun di lapangan tanpa adanya halangan seperti tertutup pohon.

Ketentuan penyebaran titik GCP harus memperhatikan kebutuhan aplikasi penginderaan jauh. Titik GCP harus tersebar merata di seluruh wilayah yang akan diambil citra atau gambarnya. Jumlah titik GCP yang diperlukan tergantung pada luas wilayah yang akan dipetakan dan tingkat akurasi yang diinginkan. Umumnya, semakin banyak titik GCP yang digunakan, semakin akurat citra atau gambar yang dihasilkan.

Adapun syarat ketentuan persebaran titik GCP adalah sebagai berikut :

  1. Pada sisi perimeter area citra
  2. Pada tengan area/scene
  3. Pada wilayah perbatasan/overlap scene citra
  4. Tersebar secara merata dalam area citra

Sedangkan ketentuan penyebaran titik ICP harus memperhatikan jumlah titik GCP dan luas wilayah yang dipetakan. Umumnya, untuk memverifikasi akurasi citra atau gambar yang dihasilkan, sekitar 5-10% dari jumlah titik GCP yang digunakan ditempatkan sebagai ICP.

Adapun syarat ketentuan persebaran titik ICP adalah objek yang digunakan sebagai titik uji harus memiliki sebaran yang merata di seluruh area yang akan di uji.

Dalam memilih titik GCP dan ICP, perlu diperhatikan juga jenis citra atau gambar yang akan dihasilkan. Misalnya, citra multispektral memerlukan titik GCP dan ICP yang berbeda dengan citra panchromatic. Ketentuan penyebaran titik GCP dan ICP yang tepat sangat penting dalam memastikan akurasi citra atau gambar yang dihasilkan.

Dengan memiliki titik GCP dan ICP yang tepat dan cukup, penggunaan teknologi penginderaan jauh dapat memberikan banyak manfaat bagi berbagai bidang aplikasi, seperti pemetaan wilayah, monitoring perubahan lingkungan, dan membantu pengambilan keputusan di bidang pertanian, lingkungan, kesehatan, dan banyak lagi.

Hubungi kami untuk informasi berikutnya mengenai GCP dan ICP atau produk jasa lainnya. Kami adalah Konsultan Survey dan Pemetaan yang didukung oleh sumber daya manusia yang ahli dibidangnya. Kami merupakan reseller resmi produk citra satelit dari beberapa vendor didunia.

Growing The Map With Geotech.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *