CITRA SATELIT WORLDVIEW LEGION

Teknologi satelit telah membawa perubahan besar dalam pemahaman dan pemantauan Bumi. Satelit penginderaan jauh memungkinkan kita untuk melihat dan menganalisis berbagai fenomena dan perubahan yang terjadi di permukaan planet kita. Salah satu prestasi terbaru dalam teknologi penginderaan jauh adalah pengenalan citra satelit WorldView Legion. Dalam artikel ini, kita akan  membahas mengenai citra satelit  Worldview Legion . Simak penjelasan berikut ini !!

WorldView Legion merupakan konstelasi satelit observasi bumi yang terdiri dari 6 satelit. Satelit WorldView Legion akan menghasilkan citra dengan resolusi spasial mencapai 30 cm untuk moda pankromatik dan 50 cm untuk moda multispektral, pada posisi nadir. Satelit ini akan menggunakan kendaraan peluncur berupa dua roket Falcon-9 v1.2 (Blok 5), dan nantinya dua satelit akan mengorbit pada orbit polar dan empat satelit lainnya mengorbit pada posisi 45 derajat orbit, serta mempunyai waktu kembali ke tempat semula (revisit time) 40 kali dalam satu hari.

Untuk menghemat anggaran, pembuatan Satelit WorldView Legion akan dilakukan anak perusahaan Maxar yaitu SS/Loral, sedangkan bagian pembuatan imager-nya akan dibuat oleh pihak Raytheon Space Systems, yang melingkupi pembuatan teleskop, detektor, serta bagian imager lainnya.

WorldView Legion disiapkan sebagai pendamping bagi Satelit WorldView–3 yang telah meluncur pada Agustus 2014 silam, yang mampu menghasilkan citra satelit dengan resolusi spasial mencapai 31 cm pada posisi nadir. Selain sebagai pendamping, Satelit WorldView Legion juga  dipersiapkan sebagai pengganti satelit observasi bumi lain milik Maxar Technologies yang telah memasuki masa-masa akhirnya seperti Satelit WorldView–1, WorldView–2, dan GeoEye–1, dan juga penantang bagi konstelasi Satelit Pleiades Neo milik perusahaan kompetitor, Airbus Defence & Space.

Citra satelit WorldView Legion ini juga  menawarkan sejumlah kemampuan yang luar biasa, diantaranya adalah :

  1. Resolusi Tinggi: Satelit-satelit ini mampu mengambil citra dengan resolusi spasial hingga 30 sentimeter. Hal ini berarti satelit ini dapat menangkap detail kecil di permukaan Bumi, bahkan dalam skala yang sangat luas.
  2. Luas Jangkauan: Dengan konstelasi satelit ini, WorldView Legion mampu menjangkau daerah-daerah yang luas di seluruh dunia. Hal ini memungkinkan penggunaan citra satelit ini dalam berbagai aplikasi seperti pemantauan lingkungan, penginderaan pertanian, pemetaan kota, dan banyak lagi.
  3. Waktu Pengulangan Cepat: WorldView Legion dapat mengulangi pengambilan citra dengan waktu yang sangat singkat. Dengan demikian, pengguna dapat memperoleh pemantauan yang berkelanjutan dan pembaruan informasi yang cepat.

Hubungi kami untuk informasi berikutnya mengenai Citra Satelit World View Legion atau produk jasa lainnya. Kami adalah Konsultan Survey dan Pemetaan yang didukung oleh sumber daya manusia yang ahli dibidangnya. Kami merupakan reseller resmi produk citra satelit dari beberapa vendor didunia.

Growing The Map With Geotech.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *