PEMANFAATAN 3D LASER SCANNING DALAM INDUSTRI OIL DAN GAS

Transformasi teknologi yang terus berkembang melahirkan berbagai inovasi teknologi baru yang semakin dinamis. Transformasi teknologi terjadi di semua bidang yang semakin memudahkan aktifitas yang dilakukan. Perkembangan era industry digital menciptakan berbagai inovasi teknologi yang memberikan solusi terbaiknya.

Dalam industri Oil dan Gas sendiri perlu adanya sebuah teknologi terbaru yang dapat membantu melakukan pengukuran instalasi kegiatan pengeboran minyak dan juga memerlukan sebuah platform yang bisa menyiapkan gambar terbaru dari kilang minyak dengan waktu yang juga tentunya cepat. Untuk melakukan hal tersebut kebanyakan para ahli menggunakan 3D Laser Scanning untuk memudahkan pekerjaan mereka.

3D Laser Scanning adalah teknologi non-destructive test atau ndt yang bisa mengambil gambar objek nyata seperti bangunan lalu diubah menjadi model 3D. Alat survey ini bekerja dengan membuat point cloud data dari permukaan objek yang dipindai atau di scan. Untuk lebih memahami 3D Laser Scanning, khususnya pemanfaatan nya dalam industry Oil dan Gas kamu bisa membaca penjelasan artikel dibawah ini.

3D Laser Scanning adalah alat yang digunakan untuk mengambil ukuran dan bentuk objek yang discan secara akurat lalu dimasukkan ke dalam komputer dalam bentuk 3D. 3D Laser Scanning ini juga direkomendasikan untuk pengukuran dan inspeksi permukaan berkontur, dan geometri yang rumit karena pekerjaan tersebut membutuhkan data dalam jumlah besar untuk kebutuhan akurasinya.

3D Laser Scanning merupakan salah satu pengujian tidak merusak yang dapat menangkap bentuk fisik objek dengan menggunakan laser yang kemudian ditampilkan pada komputer dalam bentuk 3 dimensi. Prinsip dari 3D Laser Screening adalah dengan menembakkan sinar laser ke arah objek, kemudian pantulan dari sinar laser tersebut akan ditangkap kembali oleh alat laser scanner dan direkam ke dalam perangkat komputer yang telah dilengkapi oleh software khusus.

Hasil 3D Laser Scanner berupa kumpulan titik-titik yang disebut dengan pointcloud. Pointcloud ini mewakili bentuk surface dari sebuah obyek dengan kerapatan antara titik yang kita atur sesuai dengan kebutuhan. Setiap titik dari masing-masing pointcloud tersebut memiliki identitas koordinat X,Y dan Z, diukur dari titik berdiri alat 3D Laser Scanner.Prinsip kerja 3D Laser Scanner memanfaatkan sinar laser yang ditembakkan ke arah obyek, untuk kemudian pantulan sinar laser tersebut ditangkap kembali oleh alat Laser Scanner dan direkam ke dalam perangkat komputer yang telah dilengkapi software khusus. Laser yang ditembakkan berupa titik per titik dengan kecepatan tinggi dengan akurasi yang sangat baik.

Biasanya pengujian ini digunakan dalam teknik perancangan dan pemodelan untuk kebutuhan desain mesin, animasi, survei minyak dan gas bumi, serta pembangunan atau proyek. Pada industri Oil and Gas alat ini sering kali digunakan pada pengukuran instalasi pengeboran minyak, selain itu alat ini juga sering digunakan untuk pemindaian bangunan ataupun jembatan sebagai kebutuhan arsitektural dan sipil. 3D Laser Screening juga dapat digunakan untuk keperluan replikasi seperti pada objek yang langka dan memiliki bentuk yang tidak beraturan.

Terdapat beberapa keuntungan dari pengujian 3D Laser Scanning dibandingkan dengan pengujian lainnya, yaitu:

  1. Pengambilan data yang cepat dan akurat.
  2. Memungkinkan pengukuran di area yang sulit dijangkau manusia.
  3. Aman untuk dioperasikan dalam area yang berbahaya, seperti kilang minyak.
  4. Pemindaian laser dapat dilakukan pada kondisi mesin yang masih beroperasi.
  5. Biaya rendah dan efektifitas waktu.

Hubungi kami untuk informasi berikutnya mengenai 3D Laser Scanning atau produk jasa lainnya. Kami adalah Konsultan Survey dan Pemetaan yang didukung oleh sumber daya manusia yang ahli dibidangnya. Kami merupakan reseller resmi produk citra satelit dari beberapa vendor didunia.

Growing The Map With Geotech.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *