KELEBIHAN JASA SURVEY FOTO UDARA DALAM PERTAMBANGAN

Industri pertambangan terus berkembang dengan pesat, dengan kebutuhan akan informasi yang akurat dan terkini tentang wilayah pertambangan menjadi semakin penting. Dalam hal ini, jasa survey foto udara menjadi alat yang sangat berharga dalam menyediakan data geospasial yang diperlukan. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas beberapa kelebihan jasa survey foto udara dalam industri pertambangan.

Adapun beberapa kelebihan menggunakan jasa survey foto udara dalam pertambangan antara lain sebagai berikut :

  1. Akuisisi data lapangan tergolong cepat

Perubahan bentang alam pada area pertambangan bisa terjadi sangat cepat, maka dari itu perlu metode survey yang dapat mengambil data secara cepat juga. Pada area tambang yang sudah produksi, Jasa survey foto udara dapat  melakukan akuisisi data secara rigid. Pengambilan data yang rigid dapat mempercepat proses akuisisi data lapangan. Meski data yang diambil lebih rigid, Akurasi dari data foto udara tetap bisa dipertanggungjawabkan.

  1. Monitoring Perubahan Lingkungan

Industri pertambangan sering kali memiliki dampak signifikan terhadap lingkungan sekitarnya. Dengan menggunakan jasa survey foto udara secara teratur, perubahan lingkungan yang disebabkan oleh kegiatan pertambangan dapat dengan mudah dipantau. Citra udara yang diambil pada waktu yang berbeda dapat dibandingkan dan dianalisis untuk mengidentifikasi perubahan vegetasi, penurunan air tanah, erosi, dan dampak lainnya pada ekosistem. Informasi ini memungkinkan perusahaan pertambangan untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan dalam pengelolaan lingkungan dan pemulihan ekosistem yang terdampak.

  1. Dapat digunakan untuk area berbahaya

Apabila area yang akan dilakukan pemetaan adalah area yang berbahaya dan masih dalam tahap eksplorasi awal, maka survey foto udara (fotogrametri) dapat menjadi pilihan yang tepat. Alasannya karea fotogrametri dapat mengakuisisi data tanpa menyentuh objek. Berbeda dengan metode terestris yang harus mendekatkan prisma pole pada objek target bidikan, sebuah objek pada foto udara tegak (orthophoto) dapat diukur secara tidak langsung. Hal ini sangat menghemat waktu dan tenaga.

  1. Identifikasi potensi sumber daya

Jasa survey foto udara juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi potensi sumber daya dalam wilayah pertambangan. Citra udara yang dikumpulkan dapat digunakan untuk melakukan analisis geologi, mengidentifikasi pola batuan, dan mencari tanda-tanda keberadaan deposit mineral yang berharga. Informasi ini membantu perusahaan pertambangan dalam memilih lokasi penambangan yang potensial dan mengoptimalkan proses eksplorasi sumber daya mineral.

Hubungi kami untuk informasi berikutnya mengenai Jasa survey foto /Fotogrametri untuk area pertambangan atau produk jasa lainnya. Kami adalah Konsultan Survey dan Pemetaan yang didukung oleh sumber daya manusia yang ahli dibidangnya. Kami merupakan reseller resmi produk citra satelit dari beberapa vendor didunia.

Growing The Map With Geotech.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *