MENGENAL LAPAN-A3 SATELIT PENGINDERAAN JAUH BUATAN INDONESIA

Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB merupakan satelit pengindraan jauh buatan Indonesia yang dikembangkan atas kerja sama LAPAN dan Institut Pertanian Bogor dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan, perancangan dan pembangunan satelit oleh bangsa Indonesia agar mampu menguasai teknologi keantariksaan, baik untuk tujuan eksperimental maupun operasional. LAPAN bertanggung jawab dalam desain, perancangan, produksi, pengujian, peluncuran, sampai penerimaan data satelit. Sedangkan IPB bertanggung jawab dalam pengembangan algoritma, pemanfaatan, dan aplikasi data satelit.

Seperti generasi satelit sebelumnya (LAPAN-A2/Orari), satelit LAPAN-A3/LAPAN- IPB ini juga dilengkapi dengan teknologi Automatic Identification System (AIS) yang berfungsi memantau lalu lintas laut global. Dibandingkan dengan satelit eksperimen sebelumnya, LAPAN-A3/LAPAN-IPB ini berbobot 115 kilogram (kg) atau 39 kg lebih berat dari pada LAPAN-A2/Orari.

Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB ini diluncurkan pada hari Rabu, 22 Juni 2016, menggunakan roket peluncur PSLV milik ISRO-India bersama-sama dengan 21 satelit lain yang berasal dari berbagai Negara. Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB diluncurkan pertama kali dari Sriharikota, India. Satelit LAPAN-A3 dioperasikan dari Stasiun Bumi Rancabungur Bogor sebagai mission control center. Satelit hasil kolaborasi LAPAN dengan IPB ini memiliki resolusi 16 meter dan lebar swath 100 kilometer.

Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB juga dapat melakukan pemantauan area maritim Nusantara. Melalui Automatic Identification System (AIS) satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB dapat memantau pergerakan kapal laut. Hingga saat ini telah terkumpul 201 juta data pemantauan pergerakan kapal laut via AIS. Tujuan misi dari satelit LAPAN-A3 ini adalah menjadi komplimentari data bagi misi pemantauan tanaman pangan dan agroindustri yang selama ini menggunakan satelit pencitra resolusi menengah milik Amerika, LandSat.

Sedangkan Misi kedua dari LAPAN-A3 adalah membuat citra RGB dengan resolusi 4 m dan ukuran citra 7×7 km. Dengan kamera yang dinamakan Spacecam telah dihasilkan 7 juta km persegi citra. Misi ketiga dari LAPAN-A3 adalah pemantauan lalu lintas maritim global. Selama ini telah terkumpul pula sekitar 201 juta data pergerakan kapal laut via

Automatic Identification System (AIS). Sedangkan Misi keempat dari LAPAN-A3 adalah pembuktian bahwa gangguan medan magnet yang dihasilkan satelit akan dapat diisolasi. Karena itu dilakukan pengukuran medan magnet dengan sensitivitas tinggi, sehingga dampak dari badai matahari dapat diukur.

Misi lain yang diemban adalah flight proving bagi komponen kendali sikap dan navigasi satelit yang dibuat di Pusteksat, yakni reaction wheel dan star sensor. Reaction wheel berfungsi mengubah orientasi satekit dengan prinsip manajemen angular momentum. Serta, star sensor untuk menunjukkan arah dengan membandingkan patern bintang yang dilihat sensot dengan yang tersimpan di database. Hingga kini kedua komponen tersebut berfungsi dengan sempurna,sehingga siap untuk ditawarkan secara komersial ke pembuat satelit yang memerlukan. Satelit LAPAN-A3 yang dioperasikan di Indonesia selama ini adalah sebagai pusat kendali utama, dalam beberapa waktu dioperasikan dengan bantuan stasiun kendali dan penerima data di Norwegia.

Sampai saat ini Satelit LAPAN-A3 telah beroperasi selama 6 tahun. Dan tentunya selama enam tahun itu tidak lepas dari peran para operator yang terus menjaga dan mengoperasikannya. Selama masa beroperasi, LAPAN-A3 telah mengumpulkan data citra spacecam sebanyak 7 juta kilometer persegi. Satelit ini juga dilengkapi sensor magnetometer untuk pengamatan medan magnet bumi yang digunakan untuk memprediksi gempa. Sensor ini juga telah menghasilkan data pengukuran medan magnet bumi selama 13.651 jam. Dalam waktu 6 tahun mengorbit Satelit LAPAN-A3 telah melakukan operasional tracking, telemetry and command (TT&C) selama total 1.972 jam.

Hubungi kami untuk informasi berikutnya mengenai Satelit LAPAN-A3 atau produk jasa lainnya. Kami adalah Konsultan Survey dan Pemetaan yang didukung oleh sumber daya manusia yang ahli dibidangnya. Kami merupakan reseller resmi produk citra satelit dari beberapa vendor didunia.

Growing The Map With Geotech.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *