INI DIA BERAGAM ALAT SURVEY PEMETAAN YANG PERLU KAMU KETAHUI !

Dalam melakukan sebuah kegiatan pengambilan data, tentunya seorang surveyor membutuhkan yang namanya pengukuran, peralatan survey dan juga pastinya metode yang semua hal tersebut sangati dibutuhkan untuk menunjang kegiatan pengamatan. Oleh karena itulah, tidak heran lagi jika alat-alat survey pemetaan sering sekali dijadikan media penunjang dalam melakukan sebuah kegiatan pengamatan. Lalu, taukah kamu apa saja kira-kira peralatan yang dapat mendukung kegiatan pemetaan ? kalau kamu penasaran, maka informasi kali ini cocok sekali buat kamu simak.

Apa yang dimaksud dengan peralatan survey pemetaan ?

Pada dasarnya survey sendiri bisa diartikan sebagai pengumpulan data yang berhubungan dengan pengukuran permukaan bumi serta diselesaikan lewat peta. Dalam melakukan sebuah survey pemetaan tentunya seorang surveyor membutuhkan peralatan survey serta metode yang cocok dengan keberlangsungan survey yang sedang dilakukan.

Di sisi lain, alat survey pemetaan sendiri umumnya memiliki banyak sekali jenisnya. Dimana dalam hal ini, pengukurannya tergantung dari banyak faktor. Seperti misalnya objek yang diukur serta hasil yang diinginkan. Pada ilmu ukur tanah sendiri dikatakan sebagai bagian dari ilmu geodasi yang mana mempelajari cara – cara pengukuran di permukaan bumi dan di bawah tanah untuk berbagai kepentingan. Seperti misalnya untuk kegiatan pemetaan dan penentuan posisi relatif pada daerah yang dinilai relatif sempit sehingga unsur kelengkapan permukaan buminya bisa diabaikan.

BERAGAM ALAT SURVEY PEMETAAN YANG PERLU KAMU TAHU

Tahukan kamu, bahwasannya dalam melakukan kegiatan survey pemetaan pada umumnya memerlukan yang namanya ketelitian yang tinggi serta penggunaan alat ukur yang sesuai. Hal ini sangatlah penting untuk diperhatikan, mengingat pekerjaan utama yang dilakukan dari survey ini yakni mengukur sudut dan juga jarak. Berikut ini beberapa alat yang digunakan dalam survei pemetaan:

  1. Meteran

Alat ukur pertama adalah meteran yang mempunyai nama lain yaitu pita ukur. Alat ini terbuat dari plastic yang lentur berbentuk pita dengan panjang tertentu serta memiliki garis dan angka. Meteran sendiri fungsinya adalah mengukur panjang serta jarak. Untuk pengukuran satuan biasanya menggunakan satuan internasional (SI) yang berupa meter (m), centimeter (cm) dan milimeter (mm).

  1. Penggaris/ mistar

Selanjutnya yaitu ada alat ukur penggaris / mistar yang terbuat dari bahan plastik atau besi aluminium serta memiliki skala paling kecil yaitu 1 millimeter (mm). Penggaris / mistar sendiri memiliki tingkat ketelitian mencapai 0,5 mm.

  1. Rambu ukur

Rambu ukur sendiri merupakan alat yang sering sekali digunakan untuk mempermudah pengukuran beda beda tinggi antara garis yang dibidik dengan permukaan tanah. Rambu ukur ini mirip dengan penggaris yang memiliki panjang 3 meter sampai 5 meter dengan satuan cm, ada balok berwarna warna (merah, putih, hitam) yang mana masing-masing balok menyatakan 1 cm untuk setiap 5 balok berbentuk huruf E yang artinya 5 cm jika ada 2 huruf E artinya 1 dm (10 cm).

  1. Kompas

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan alat yang satu ini. Alat ukur yang satu ini Memiliki komponen utama yang berupa jarum dan terbuat dari besi sembrani atau magnet. Magnet selalu menunjukkan arah utara dan arah selatan. Kompas yang bagus dilengkapi dengan nivo yaitu cairan untuk menstabilkan jarum serta ada alat pembidik atau visir. kegunaan alat ini dalam survey pemetaan yakni untuk menentukan arah dari satu titik ke titik yang lain sesuai dengan besarnya sudut azimuth.

  1. Theodolite

Theodolite Merupakan alat canggih untuk melakukan pengukuran survey pemetaan. Fungsi alat ini yakni untuk menentukan tinggi tanah pengukuran sudut horizontal dan vertikal.

  1. Global Positioning System (GPS)

Alat yang berfungsi untuk menentukan koordinat letak yang ada di permukaan bumi dengan menggunakan satelit. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang nantinya akan dikirimkan dalam bentuk gelombang mikro ke bumi. GPS sendiri berfungsi untuk mengetahui titik koordinat, kecepatan, waktu saat sedang survey dan arah. GPS sering digunakan dalam survey geoteknik.

  1. Peta Lokasi dan Peta Topografi

Dan yang terakhir adalah peta lokasi dan juga peta topografi. Keberadaan peta tersebut berguna untuk mengetahui lokasi kawasan demi kebutuhan survey. Seperti misalnya untuk peletakan benchmark, foresight dan transek titik pengukuran.

Hubungi kami mengenai informasi lebih lanjut mengenai alat alat survey pemetaan atau produk jasa lainnya. Kami adalah Konsultan Survey dan Pemetaan yang didukung oleh sumber daya manusia yang ahli dibidangnya. Kami merupakan reseller resmi produk citra satelit dari beberapa vendor didunia.

Growing The Map With Geotech.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *