MENGENAL TOTAL STATION DALAM PENGUKURAN DAN SURVEY

Pengukuran merupakan suatu aktifitas dan atau tindakan membandingkan suatu besaran yang belum diketahui nilainya atau harganya terhadap besaran lain yang sudah diketahui nilainya, misalnya dengan besaran standart. Pekerjaan membandingkan tersebut tiada lain adalah pekerjaan pengukuran atau mengukur. Sedangkan pembandingnya yang disebut sebagai alat ukur. Pengukuran banyak sekali dilakukan dalam bidang teknik atau industri.

Sedangkan alat ukurnya sendiri banyak sekali jenisnya, tergantung dari banyak faktor, misalnya objek yang diukur serta hasil yang di inginkan. Salah satu jenis alat ukur yaitu Total Station. Total station ( TS) adalah instrumen optis/elektronik yang digunakan dalam pemetaan dan konstruksi bangunan. Total station merupakan teodolit terintegrasi dengan komponen pengukur jarak elektronik (electronic distance meter (EDM)) untuk membaca jarak,dan kemiringan dari instrumen ke titik tertentu. Selain untuk mengukur jarak dan kemiringan total station juga bisa digunakan untuk mengukur sudut dan koordinat yang sudah diketahui nilainya.

Total Station dirancang untuk mengukur jarak horizontal dan kemiringan, sudut dan ketinggian horizontal dan vertikal dalam survei topografi dan pekerjaan geodetik, sebagaimana menjadi solusi survei. Hasil pengukuran dapat direkam ke dalam memori internal Total Station dan dapat ditransfer ke komputer pribadi. Kemampuan dasarnya adalah dapat melakukan pengkuran dengan rentang jarak yang jauh, cepat, dan akurat.

Total Station dikembangkan dengan mengedepankan kenyamanan maksimal kerja pada pengguna. Total Station mengukur sudut dan jarak ke berbagai titik yang disurvei melalui koordinat dari titik yang diamati (x, y, dan z atau utara, timur, dan elevasi) relatif terhadap Total Station dihitung menggunakan fungsi trigonometrik/geometris.

Setelah mengetahui pengertian dari alat ini, tentunya kita ingin mengetahui apa kelebihan dan kekurangan  dari penggunaan Total Station. Kelebihan Total Station adalah :

  1. Mengurangi kesalahan dari (manusia ), contohnya adalah kesalahan pembacaan dan kesalahan pencatatan.
  2. Aksebilitas ke system berbasis computer
  3. Mempercepat proses survey yang dilakukan
  4. Memberikan kemudahan untuk menyimpulkan data

Akan tetapi, tentunya dibalik manfaat pasti ada kekurangan nya. Diantara kekurangan Total Station adalah :

  1. Adanya ketergantungan terhadap sumber tegangan
  2. Ketergantungan akan kemampuan sumber daya manusia yang ada
  3. Biayanya lebih mahal daripada alat konvensional biasa

Di sebagian besar Total Station, sebuah dioda pemancar cahaya inframerah termodulasi, yang mengirimkan sinar dari instrumen ke prisma. Prisma memantulkan sinar ini kembali ke Total Station. Bagian dari panjang gelombang yang meninggalkan instrumen kemudian kembali dinilai dan dihitung. Atau dengan kata lain, instrumen EDM yang terpasang di dalam teleskop Total Station mentransmisikan sinar inframerah yang dipantulkan kembali ke unit dengan bantuan prisma (setelah refleksi internal total). Dalam hal ini, EDM menggunakan pengukuran waktu untuk menghitung jarak yang ditempuh oleh sinar tersebut. Dengan beberapa pengecualian, instrumen EDM mensyaratkan bahwa target sangat reflektif dan prisma yang mencerminkan biasanya digunakan sebagai target.

Sebagian besar dari Total Station juga merupakan perekam data. Data mentah (sudut dan jarak) beserta koordinat titik yang terlihat dicatat bersama dengan beberapa informasi tambahan (biasanya kode untuk membantu menghubungkan koordinat dengan titik yang disurvei). Data yang direkam tersebut dapat langsung diunduh ke komputer. Penggunaan perekam data lebih lanjut dapat mengurangi kesalahan perekaman dan menghilangkan kebutuhan seseorang untuk merekam data di lapangan.

Total Station banyak digunakan di banyak lokasi konstruksi. Dalam banyak kasus, ini tidak sepenuhnya digunakan karena pengguna tidak menyadari kemampuan operasional penuhnya. Total Station yang digunakan untuk leveling termasuk dalam klasifikasi leveling tidak langsung. Dengan akurasi yang tinggi, Total Station dapat digunakan untuk banyak pekerjaan umum seperti pembangunan jalan, bandara, dan pelabuhan.

Hubungi kami untuk informasi berikutnya mengenai Total Station atau produk jasa lainnya. Kami adalah Konsultan Survey dan Pemetaan yang didukung oleh sumber daya manusia yang ahli dibidangnya. Kami merupakan reseller resmi produk citra satelit dari beberapa vendor didunia.

Growing The Map With Geotech.