JENIS-JENIS PETA GEOLOGI YANG PERLU KAMU KETAHUI

Sesuai namanya, peta geologi merupakan jenis peta yang dibuat untuk menampilkan kenampakan geologis seperti sebaran jenis dan sifat batuan, tektonika, stratigrafi, dan sebagainya. Jika diperhatikan, pada peta ini terdapat warna dan lambang tertentu yang menunjukkan strata geologis dan satuan batuan. Pada peta ini juga terdapat kenampakan struktural berupa lipatan dan patahan yang ditandai dengan strike dan dip atau trend dan plunge. Jadi, unsur-unsur pada peta ini disimbolkan dengan gambar, warna, corak, atau gabungan ketiganya.

Seperti jenis peta pada umumnya, peta geologis ini juga memiliki beragam jenis. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Peta geologi permukaan

Peta geologi permukaan merupakan jenis peta geologi yang menunjukkan lapisan batuan dan formasi geologi yang ada di permukaan bumi. Peta ini biasanya dibuat dengan menggunakan data geologi lapangan dan foto udara atau citra satelit. Peta geologi permukaan sangat berguna untuk mengetahui struktur geologi dan jenis batuan di suatu wilayah.

  1. Peta Fotogeologi

Peta fotogeologi merupakan jenis peta yang pembuatannya menggunakan interpretasi udara sebagai landasannya. Satu hal yang harus selalu diingat terkait peta fotogeologi ini adalah bahwa pembuatan peta harus selalu disesuaikan dengan keadaan sesungguhnya di lapangan.

  1. Peta geologi struktur

Peta geologi struktur merupakan jenis peta geologi yang menunjukkan struktur geologi suatu wilayah seperti bidang lipatan, bidang patahan, dan bidang lipat-patah. Peta geologi struktur biasanya digunakan oleh ahli geologi untuk mengetahui potensi sumber daya alam seperti minyak dan gas bumi.

  1. Peta Ikhtisar Geologis

Peta ini merupakan peta yang menampilkan informasi langsung dalam bentuk formasi yang telah tersingkap. Selain itu, peta ini juga memberikan ekstrapolasi beberapa lokasi dengan formasi yang masih tertutup oleh lapisan Holosen. Umumnya, peta ini menerapkan skala sedang hingga kecil sehingga kadang dianggap sebagai peta yang skematis.

  1. Peta geologi stratigrafi

Peta geologi stratigrafi merupakan jenis peta geologi yang menunjukkan urutan batuan di suatu wilayah. Peta geologi stratigrafi biasanya digunakan oleh ahli geologi untuk mengetahui sejarah geologi suatu wilayah dan untuk mempelajari evolusi bumi.

Dalam pembuatan peta geologi, terdapat banyak teknik dan metode yang digunakan untuk memperoleh data geologi. Dengan memahami jenis-jenis peta geologi ini, diharapkan dapat membantu kamu dalam mengenali sumber daya alam di suatu wilayah serta mengoptimalkan pengelolaan sumber daya alam secara efektif.

Itulah tadi penjelasan lengkap yang bisa kamu simak dan perhatikan baik – baik mengenai jenis jenis peta Geologi. Hubungi kami untuk informasi berikutnya mengenai Peta Geologi atau produk jasa lainnya. Kami adalah Konsultan Survey dan Pemetaan yang didukung oleh sumber daya manusia yang ahli dibidangnya. Kami merupakan reseller resmi produk citra satelit dari beberapa vendor didunia.

Growing The Map With Geotech.