APA ITU ISO 9001 DAN FUNGSINYA BAGI PERUSAHAAN ?

Sudah seharusnya bagi pengusaha atau pebisnis yang sudah menggeluti suatu bidang yang sedang dikerjakan untuk memahami apa itu ISO 9001. Label ataupun kata-kata ini pun sudah tidak asing dikalangan pengusaha ataupun pebisnis yang memiliki berbagai produk yang beredar di pasar,khususnya lagi pada produk –produk yang memang di pasarkan juga secara internasional. Hal ini juga dikarenakan seperti yang kita ketahui, setiap harinya persaingan bisnis semakin ketat dan salah satu hal yang dapat menguatkan dan juga meningkatkan kinerja perusahaan adalah dengan menerapkan ISO. Termasuk ISO 9001

Akan tetapi, apakah yang disebut ISO 9001 ?Apa fungsinya bagi perusahaan perusahaan yang menggunakan label tersebut di dalam kemasan atau aktivitas pemasarannya ? Yuk, kita simak penjelasan mengenai informasi tersebut !

ISO 9001 adalah singkatan dari The International Standard of Organization (ISO). Standarisasi ini sudah dikenal lama dalam dunia bisnis, khususnya di Indonesia. Ada banyak macam-macam ISO yang dijadikan standarisasi dunia bisnis. ISO 9001 merupakan sertifikasi yang berorientasi pada layanan pelanggan dan standar manajemen mutu yang diadopsi pada tahun 2000 oleh International Organization for Standardization (ISO). Menurut standar ini, sebuah organisasi harus menunjukkan kemampuan untuk memenuhi atau melampaui kepuasan pelanggan dalam hal fungsi produk, kualitas, dan kinerja. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa ISO 9001 merupakan kesepakatan internasional yang digunakan untuk menentukan standar universal yang berlaku untuk semua organisasi mengenai produk dan layanan yang memenuhi harapan pelanggan dan syarat peraturan.

ISO 9001:2015 adalah standar international yang digunakan untuk menetapkan kebijakan dan sasaran mutu (quality objective) serta pencapaiannya yang bisa diterapkan dalam setiap jenis organisasi/perusahaan berdasarkan persyaratan 10 klausul ISO 9001:2015 Yaitu : 

  • Rujukan Normatif
  • Istilah dan Definisi
  • Konteks Organisasi
  • Kepemimpinan
  • Perencanaan
  • Pendukung
  • Operasional
  • Evaluasi Kinerja
  • Perbaikan. 

Dengan memiliki sertifikasi ISO 9001, perusahaan dapat membuktikan diri untuk menjaga kualitas produknya sesuai dengan derajat tertentu yang sudah ditetapkan secara internasional. Setidaknya, ini bisa jadi tolak ukur utama kualitas produk yang dimiliki perusahaan tersebut.

Jelas, beberapa fungsi dimiliki dari sertifikat ISO ini sendiri, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Manfaat ISO bagi perusahaan yang pertama adalah untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan. Hal ini dikarenakan , setiap perusahaan yang sudah menerapkan standarisasi ISO 9001 sudah dipastikan memenuhi standar yang berlaku, dengan hal lain sebuah perusahaan dengan adanya ISO 9001 ini mulai membangun kepercayaan pelanggan terhadap produk yang dipasarkan secara internasional.

  • Menekan tingkat kesalahan pada produksi

Karena sudah berlandaskan dengan standar yang sesuai dengan ISO 9001, maka secara teknis tentu pelaksanaan produksi juga sudah lebih baik. Kesalahan dalam proses produksi bisa diminimalisir hingga titik terendah, sehingga kerugian akibat kesalahan teknis bisa dikurangi secara drastis.

  • Jaminan kualitas standar Internasional

ISO 9001 adalah salah satu jaminan kualitas standar internasional. Dengan demikian, perusahaan yang mendapatkan status ISO 9001 terbukti dapat memproduksi barang untuk didistribusikan di pasar global.

  • Standar Kerja Perusahaan

Tak hanya dari segi output berupa produk yang kualitasnya meningkat, ISO 9001 juga bisa membantu meningkatkan standar kinerja perusahaan. Tentu, tak ada perusahaan yang bisa menghasilkan produk berkualitas tanpa sistem kerja yang handal.

  • Branding Perusahaan

Manfaat terakhir bagi perusahaan adalah untuk branding perusahaan. Di zaman sekarang sebagian masyarakat sudah mengenal dan memahami apa itu standar ISO 9001. Sehingga, jika sebuah perusahaan sudah menerapkan standar ISO, Maka pelanggan akan meningkatkan kepercayaan kepada perusahaan tersebut.

Itulah tadi penjelasan lengkap yang bisa kamu simak dan perhatikan baik – baik mengenai ISO 9001. Hubungi kami untuk informasi berikutnya terkait konsultasi dan sertifikasi ISO 9001atau produk jasa lainnya. Kami adalah Konsultan Survey dan Pemetaan yang didukung oleh sumber daya manusia yang ahli dibidangnya. Kami merupakan reseller resmi produk citra satelit dari beberapa vendor didunia.

Growing The Map With Geotech.