INTERNATIONAL TERRESTRIAL REFERENCE FRAME (ITRF)

International Terrestrial Reference Frame (ITRF) adalah suatu produk dari The International Earth Rotation and Reference Systems Services (IERS) sebuah lembaga badan yang bertanggung jawab dalam menjaga standar waktu global dan kerangka referensi, khususnya melalui kelompok Earth Orientation Parameter (EOP) dan International Celestial Reference System (ICRS) miliknya.

ITRF setelah melalui beberapa kesepakatan dalam konvensi adalah merupakan suatu kerangka referensi global ideal dari system referensi International Terrestrial Reference System (ITRS) Realisasi ITRS ini berlanjut dan diberi nama ITRF-yy. Jadi International Terrestrial Reference Frame (ITRF) adalah suatu kerangka acuan global yang digunakan untuk mengukur posisi dan pergerakan bumi secara presisi.

Realisasi ITRS ini pertama kali dilakukan pada tahun 1988 dan diberi nama ITRF88. Realisasi ITRS yang terpublikasi sampai saat ini adalah ITRF08, artinya kerangka koordinat dan kecepatan yang dihitung dengan menggunakan semua data IERS sampai akhir tahun 2008.

ITRF berfungsi sebagai dasar untuk menghubungkan sistem koordinat regional dan nasional ke sistem koordinat global yang seragam. ITRF mengadopsi model geodetik dan pemodelan yang kompleks untuk menggambarkan bentuk, rotasi, dan pergerakan bumi.

Sedangkan Salah satu fungsi IERS adalah mengumumkan detik kabisat. ITRF dijadikan kerangka referensi sebagai datum geodesi nasional pada masing – masing negara di dunia. Institusi IERS ini menggantikan tugas dan fungsi institusi yang dikenal dengan nama International Polar Motion Service (IPMS) dan BIH (Bureau International de I‟Heure).

ITRF saat ini merupakan sistem kerangka yang stabil pada tingkat milimeter, dan pada evolusi realisasi terkini ITRF2014 epoch 2010.0 yang dalam prosesnya memperhitungkan suatu inovasi dalam pemodelan sinyal-sinyal periodik (tahunan dan setengah tahunan) dan „post seismic deformations atau PSD‟ pada wilayah di berbagai belahan dunia yang terdampak oleh gempa bumi kuat, seperti diantaranya di bagian barat Pulau Sumatra.

ITRF memiliki peran yang sangat penting dalam ilmu geodesi, terutama dalam pemetaan bumi, pemantauan deformasi permukaan, navigasi satelit, dan penentuan posisi dengan presisi tinggi. Dengan menggunakan ITRF, para ilmuwan dapat mengamati dan memahami perubahan bentuk bumi serta pergerakan lempeng tektonik dengan akurasi yang tinggi.

Aplikasi ITRF sendiri digunakan dalam berbagai bidang geodetic. Salah satu contohnya adalah dalam bidang Pemetaan dan Survey. Dimana dalam hal ini, ITRF memberikan dasar yang konsisten untuk sistem koordinat global yang digunakan dalam pemetaan bumi. Hal ini penting dalam menentukan posisi geografis yang akurat untuk tujuan pemetaan dan survei.

Hubungi kami untuk informasi berikutnya mengenai ITRF atau produk jasa lainnya. Kami adalah Konsultan Survey dan Pemetaan yang didukung oleh sumber daya manusia yang ahli dibidangnya. Kami merupakan reseller resmi produk citra satelit dari beberapa vendor didunia.

Growing The Map With Geotech.